Pages

Tuesday, August 9, 2011

Belajar Mudah Ekonomi Islam - Pengantar

Alhamdulillah, setelah melalui berbagai perbincangan dan diskusi, buku saya akhirnya terbit juga. Buku yang merupakan kumpulan tulisan selama 10 tahun ini naik cetak dengan judul agak "gaul", Belajar Mudah Ekonomi Islam. Diterbitkan oleh Shuhuf dan langsung diedarkan ke beberapa jaringan termasuk diantaranya Gramedia. Kata penerbitnya, di Yogya buku itu langsung disambut hangat. Mudah-mudahan juga di tempat lain. Selamat buat Kang Dendi Riswandi of Pamulang, sang penguasa Shuhuf.

Upaya menerbitkan buku ini sudah lama dilakukan. Adalah teman-teman diskusi di milis alumni pondok Attaqwa (Ujungharapan Bekasi) yang mula-mula tertarik melihat tulisan-tulisan saya yang tersebar di berbagai media. Tetapi setelah itu tidak ada cerita lagi, karena berbagai kesibukan para anggota. Beberapa waktu kemudian giliran teman-teman dosen dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) H. Agus Salim Cikarang yang lalu membuat draft dan mengeditnya. Mereka juga yang kemudian mencarikan penerbitnya
Buku ini sebagian besarnya berisi tentang analisa mengenai perbankan syariah, ditinjau secara teori dan aplikasinya di lapangan. Beberapa tulisan di dalamnya merupakan artikel yang ditulis untuk jurnal, majalah dan tabloid. Sebagian lainnya diambil dari prosiding seminar dan lokakarya. Ada juga tulisan tentang obligasi syariah dan sukuk.
Tidak ada target pribadi dalam penerbitan buku ini, kecuali untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perbankan dan keuangan syariah berdasarkan pengalaman yang relatif pendek. Oleh karena itu, sesuai judulnya, buku ini berfungsi sebagai pengantar bagi para pemula yang ingin tahu. Selain itu, sebagai sebuah kumpulan tulisan, tentu banyak kelemahan dan kekurangan di dalamnya Oleh karena itu kritik dan saran dari para pembaca amatlah ditunggu.
Terima kasih buat teman-teman yang telah mengilhami, memberi dukungan, termasuk editing dan lay-out, baik dari rekan milis alumni pondok pesantren Attaqwa maupun rekan-rekan di pengelola dan yayasan STAI HAS Cikarang. Tidak lupa juga buat para kolega di perbankan dan pasar modal syariah, termasuk Bank Indonesia, Departemen Keuangan dan Dewan Syariah Nasional-MUI. Terima kasih khusus saya sampaikan kepada Bapak Dr. Muliaman D. Hadad yang bersedia memberikan kata sambutan selaku Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Buat anak-anak saya -Fitratul Ismah, Raid Elqudwa dan Alfida Lillah- buku ini saya dedikasikan, agar mereka dapat terilhami untuk menghasilkan karya yang lebih baik. Diatas segalanya, terima kasih buat istri tercinta, Siti Napsiah, yang telah bersabar selama penulisan dan penyusunan buku ini sampai terbitnya.

Kepada Allah SWT kita semua berserah diri.

Taman Rafflesia, Jatimulya

3 comments:

rhandoko said...

Selamat atas terbitnya buku ekonomi Islam. Insya Allah saya akan membelinya.

Cecep eM-Ha said...

Terima kasih Mas Rudi. Mudah-mudahan buku saya bermanfaat

Agtov said...

Assalamualaikum wr wbr
beli bukunya dimana ya pak ?...
infonya donk